Personel Polres Maluku Barat Daya Gelombang I Mengikuti Uji Kesamaptaan Jasmani Semester II Tahun 2024

Personel Polres Maluku Barat Daya Gelombang I Mengikuti Uji Kesamaptaan Jasmani Semester II Tahun 2024

Humas Polres MBD – Bagian SDM (Sumber Daya Manusia) Polres Maluku Barat Daya kembali lagi menggelar pelaksanaan uji kesamaptaan Jasmani berkala kepada personel Polres MBD gelombang II guna dapat melihat sejauh mana ketahanan fisik personel Polri terkait dengan pelaksanaan tugas-tugas Kepolisian yang diembannya.


Uji Kesamaptaan Jasmani gelombang I pada semester ke II tahun 2024 kali ini dipimpin langsung oleh Kabag SDM AKP. Franklin Pattinasarani yang berlangsung di lapangan apel Polres Maluku Barat Daya pada Jumat pagi (20/09/2024). 


Pelaksanaan Uji kesamaptaan jasmani semester ke II pada hari ini diikuti oleh personel gelombang I dari Bagian Operasi, Bagian Perencanaan, Satuan Lantas, Satuan Polairud, Satuan Samapta, Satuan Resnarkoba, Satuan Reskrim, Seksi TIK, Seksi Umum, Seksi Humas dan Pama serta Brigadir Polres MBD dengan penuh antusias mengikuti pelaksanaan kegiatan dimaksud.


Lima item yang diujikan dalam uji kesamaptaan meliputi tes A yakni lari keliling lapangan dalam waktu 12 menit dan tes B yakni Pull up, Sit up, Push up dan Shuttle run masing-masing dalam waktu 1 menit.


Sebelum melaksanakan kelima item uji kesamaptaan jasmani, para personel terlebih dahulu mengikuti pemeriksaan kesehatannya yang dilakukan oleh Tim Kesehatan (Urkes) Polres MBD dengan maksud untuk memastikan kondisi kesehatan personel dalam mengikuti pelaksanaan kegiatan itu, apabila dinyatakan layak maka personel yang bersangkutan dapat mengikuti pelaksanaan ujian.


Terkait hal itu Kapolres Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono, S.I.K melalui Kabag SDM AKP Franklin A. Pattinasarany saat dikonfirmasi mengatakan, pelaksanaan uji kesamaptaan jasmani merupakan suatu bentuk pembinaan ketahanan fisik bagi personel Polres MBD dalam upaya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.


“ Pimpinan menekankan kepada seluruh personel dalam mengikuti uji kesamaptaan jasmani agar dilakukan dengan serius dan bersungguh-sungguh, sedangkan bagi personel yang berusia lanjut maupun yang mempunyai riwayat sakit namun berkeinginan untuk ikut disilahkan namun jangan dipaksakan. “ tutur Kabag SDM.


Menurut AKP Pattinasarany, aspek Jasmani personel sangat diperlukan dalam menunjang pelaksanaan tugas selain aspek mental dan akademis, untuk itulah sesuai program Polri setiap 6 bulan sekali perlu diadakan kegiatan uji kesamaptaan jasmani bagi personel guna kesiapan fisik personel dalam melaksanakan tugas Kepolisian sebagai Pelindung, Pengayom dan Pelayan masyarakat. 


“ Sesuai semboyan Mensana In Corpore Sano (didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat), Pimpinan mengharapkan kepada seluruh personel dengan pelaksanaan uji kesamaptaan jasmani ini kiranya kebugaran jasmani kita (Polri-red) dapat terjaga dan tetap prima sebagai faktor utama dalam mengemban tugas Kepolisian secara maksimal di lapangan. “ tutup Kabag SDM.

Bagikan ke teman kamu