Unit Jibom dan KBRN Den Gegana Satbrimob Polda Maluku Sterilisasi Lokasi Debat Terbuka Kandidat Cagub-Cawagub

Unit Jibom dan KBRN Den Gegana Satbrimob Polda Maluku Sterilisasi Lokasi Debat Terbuka Kandidat Cagub-Cawagub

POLDA MALUKU - Unit Penjinak Bom dan KBRN (Kimia, Biologi, Radioaktif, dan Nuklir) Detasemen Gegana, Satuan Brimob Polda Maluku, melakukan sterilisasi lokasi digelarnya debat Terbuka Pilkada calon gubernur dan wakil gubernur Maluku.

Sterilisasi yang dipimpin Ipda A.M. Nanlohy di lokasi kegiatan debat dan sekitarnya dilaksanakan 3 jam sebelum kegiatan dilangsungkan di The Natsepa Hotel, Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (26/10/2024).

Komandan Satuan Brimob Polda Maluku Kombes Pol Dostan M. Siregar, S.I.K., M.M dalam arahannya sebelumnya mengajak semua personel untuk selalu berdoa dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Setiap personel Satuan Brimob yang ditugaskan, diminta agar dapat menjalankan tanggung jawabnya secara baik dan benar sesuai tupoksinya.

Kegiatan sterilisasi lokasi pelaksanaan debat Pilkada calon gubernur dan wakil gubernur Maluku, menurut Kombes Dostan, dilakukan untuk mencegah berbagai ancaman yang dapat sewaktu-waktu terjadi.

"Kita cegah ancaman atau temuan yang bisa saja menggunakan bahan-bahan berbahaya yang dapat mengganggu jalannya debat Cagub dan Cawagub periode 2024-2025," ungkapnya.

Setiap personel yang ditugaskan di lokasi pengamanan debat Pilkada diingatkan untuk selalu mengutamakan prinsip cek and ricek, Cross cek and fainal cek.

"Laksanakan tugas secara profesional, lakukan dengan baik dan benar, baik itu sebelum maupun sesudah menjalankan tugas," pintanya.

Sementara itu menurut Dostan, 2 unit Penjinak Bom (Jibom) dan KBRN yang terdiri dari 20 personil melakukan sterilisasi sebelum nantinya diserahkan kepada penanggungjawab pengamanan.

“Dua unit Jibom dan KBRN ini berjumlah 20 personel dengan peralatan-peralatan deteksi melakukan sterilisasi didalam lokasi pelaksanaan Debat Terbuka Kandidat Cagub-Cawagub,” tuturnya.

Selain melaksanakan sterilisasi oleh unit Jibom dan KBRN Den Gegana, Satuan Brimob Polda Maluku juga melakukan pengamanan di lokasi debat Pilkada yang dihelat KPU Provinsi Maluku.

Pengamanan debat Pilkada dipimpin oleh Danyon A Pelopor Satuan Brimob Polda Maluku, Kompol Denny Sandera, SH., S.I.K., M.H.

Personel Brimob yang dilibatkan dalam proses sterilisasi hingga pengamanan lokasi debat diantaranya berjumlah 150 anggota. Terdiri dari: Kompi PHH Batalyon A Pelopor sejumlah 100 personel atau Power On Hand Kapolda, Sterilisasi 20 personel atau 2 unit jibom Detasemen Gegana,
Unit Aksi Khusus 20 personel Escape VVIP yang melibatkan 3 Unit Rantis (Tambora, Wolf dan Remoeng) serta Unit SAR yang terdiri dari 10 personel atau 1 unit.

Bagikan ke teman kamu