Kapolda Maluku Ajak Semua Pihak untuk Bersama Wujudkan Pilkada yang Aman dan Damai

Kapolda Maluku Ajak Semua Pihak untuk Bersama Wujudkan Pilkada yang Aman dan Damai

POLDA MALUKU - Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Drs. Eddy Sumitro Tambunan, M.Si, mengajak semua elemen masyarakat dan para pihak terkait agar dapat bersama-sama mewujudkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 di wilayah Maluku berjalan lancar, aman, dan damai.

Ajakan tersebut disampaikan Kapolda saat menghadiri coffee morning dan diskusi yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi di kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Jumat (6/9/2024).

Kegiatan yang dihelat sebagai bagian dari kesiapan pengamanan dan penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku pada Pilkada serentak tahun 2024 ini dihadiri Pj Gubernur Sadali Ie, Kapolda Irjen Eddy Sumitro Tambunan, Pangdam XV/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, dan Forkopimda lainnya beserta Komisioner KPU, Bawaslu serta pejabat lainnya.

Pj Gubernur Maluku Sadali Ie, saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada seluruh Forkopimda dan tamu undangan yang telah hadir.

"Coffee morning dan diskusi ini bagi kami sangat positif yang bertujuan untuk memperkuat hubungan silaturahmi di antara forkopimda Maluku. Kami berharap kegiatan ini akan terus dilaksanakan secara bergiliran pada masing-masing Forkopimda Maluku," harap Pj Gubernur.

Kegiatan yang dirangkai dengan diskusi ringan ini, kata Pj Gubernur, juga diharapkan dapat menyatukan pemikiran untuk bersama-sama mensukseskan jalannya Pilkada.

"Semoga seluruh unsur terkait yang ada di Maluku ini dapat bersama-sama kita sukseskan Pilkada serentak di Provinsi Maluku nanti," harapnya.

Kapolda Maluku pada kesempatan yang sama juga mengingatkan kepada semua pihak terkait agar dapat segera memberitahukan setiap persoalan yang terjadi di lapangan.

"Apabila ada permasalahan agar bisa segera disampaikan kepada kami pada kesempatan pertama mungkin bisa lewat whatsapp dan sebagainya agar bisa segera ditindak lanjuti," pintanya.

Dikatakan, Forkopimda Maluku maupun pimpinan kementerian/lembaga di wilayah ini sudah sepakat untuk bersama memajukan daerah Para Raja-raja ini.

"Oleh karenanya kami butuh dukungan dari semua pihak, sehingga Kami berharap Pilkada Maluku nantinya dapat berjalan dengan baik, lancar, aman dan damai," harapnya.

Pangdam XV/Pattimura mengharapkan kepada KPU dan seluruh unsur terkait di Maluku dapat menjaga komitmen bersama agar pilkada berjalan dengan baik dan lancar.

"Kami Kodam XV Pattimura akan siap mensukseskan pemilu yang damai dan kami akan tetap siap mendukung Polda Maluku mana kala dibutuhkan. Saya sangat berharap kita tetap kompak dan solid untuk wujudkan Pilkada Maluku yang aman, damai dan lancar," pintanya.

Pada kesempatan tersebut, komisioner KPU dan Bawaslu juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya Pilkada serentak dengan baik dan lancar.

KPU Maluku sendiri juga menyampaikan tahapan pilkada selanjutnya. Seperti lokasi pemasangan alat peraga kampanye pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku, akan diputuskan pemerintah daerah Provinsi Maluku. Juga mengenai debat para calon gubernur dan wakil gubernur Maluku akan diatur menyesuaikan dengan situasi dan kondisi.

Sementara dari pihak Bawaslu Maluku menyampaikan terkait para pemilih yang ditemukan banyak belum memiliki KTP. Pemerintah diharapkan bisa memfasilitasi agar masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya.

Bagikan ke teman kamu