Cegah Narkoba Polres SBT Tes Urine Tahanan Lapas Geser

Cegah Narkoba Polres SBT Tes Urine Tahanan Lapas Geser

Upaya menjaga keamanan dan ketertiban cegah penyalahgunaan Narkoba guna mewujudkan pilkada damai, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Geser menggandeng Satuan Reserse Narkoba Polres Seram Bagian Timur dan Puskesmas Geser mengadakan tes urin bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) . 

Tes urin ini bertujuan untuk mendeteksi dini penyalahgunaan narkoba di dalam lingkungan Lapas dan memastikan bahwa WBP menjalani masa pidana mereka dengan baik tanpa pengaruh zat-zat terlarang.

Bertempat di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Geser, Desa Geser Kec. Seram Timur, Kab. Seram Bagian Timur, Petugas Satuan Resnarkoba bersama sama dengan Petugas Lapas Kelas III Geser, juga melakukan  kegiatan Pemeriksaan Blok / Kamar / Bilik Hunian para  Narapidana yang mana dalam pemeriksaan tersebut, tidak ditemukan benda yang diduga dan/atau menyerupai Narkotika maupun Indikasi adanya Tindak Pidana Narkotika. 

Dilanjutkan dengan Pemeriksaan Urine Seluruh WBP sebanyak 10 orang oleh Tim Medis Puskesmas Keperawatan Geser dengan didampingi oleh petugas satuan Resnarkoba dan Petugas Lapas Kelas III Geser, Sampai dengan selesai, tidak ditemukan atau tidak terdeteksi adanya penyalahgunaan Zat Narkotika oleh para Narapidana berdasarkan hasil pemeriksaan secara medis.

Kasat Narkoba Polres SBT Iptu Asyura Anshar Awing menjelaskan, "Dari sejumlah WBP yang menjalani tes urin, semua menunjukkan hasil negatif. Ini berarti upaya kami untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di dalam Lapas sudah berjalan dengan baik," ungkapnya

Kepala Lapas Kelas III Geser, Idris Kilkoda mengatakan, "Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Polres SBT telah bersama-sama kami dalam melaksanakan kegiatan ini, kami ingin memastikan bahwa lingkungan Lapas tetap aman dan bebas dari narkoba. Oleh karena itu, tes urin ini sangat penting untuk mendeteksi dini apakah ada penyalahgunaan narkoba di kalangan WBP”.

Kegiatan tes urin ini diharapkan dapat terus berlanjut secara rutin dan menjadi bagian dari komitmen Lapas Geser untuk menciptakan lingkungan yang aman, tertib, dan bebas dari narkoba.

Bagikan ke teman kamu