Amankan Debat Pilkada Calon Gubernur Maluku, Dit Polairud Kerahkan Kapal Polisi

Amankan Debat Pilkada Calon Gubernur Maluku, Dit Polairud Kerahkan Kapal Polisi

POLDA MALUKU - Kepolisian Daerah Maluku mengerahkan kekuatan penuh untuk mengamankan jalannya debat Pilkada calon gubernur dan wakil gubernur provinsi Maluku yang berlangsung di Ballroom The Natsepa Hotel, Sabtu (26/10/2024).

Selain mengamankan lokasi kegiatan debat terbuka pertama tersebut di daratan, pengamanan juga dilakukan di wilayah pesisir pantai dan perairan sekitar.

Pengamanan di lokasi perairan dilakukan oleh personel Direktorat Polairud Polda Maluku. Selain puluhan personel, sejumlah peralatan juga dikerahkan seperti dua unit Kapal Polisi (KP); KP. Teluk Ambon XVI-3002 dan KP. XVI-2012, serta satu unit Rigid Inflatable Boat (RIB) dan Perahu Karet.

Direktur Polairud Polda Maluku, Kombes Pol. Handoyo Santoso S.IK., M.Si, selaku penanggung jawab pengamanan perairan, mengatakan, puluhan personel yang diterjunkan untuk melaksanakan pemantauan dan patroli perairan guna mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas di sekitar lokasi pelaksanaan debat terbuka.

"Jumlah personel yang melaksanakan pengamanan 25 orang. Kita juga mengerahkan dua unit Kapal Polisi dan perahu karet," kata Kombes Handoyo.

Polair sendiri tergabung dalam Satgas Banops Operasi Mantap Praja (OMP) Salawaku Polda Maluku.

"Tugas Polair melakukan pemantauan dan patroli di wilayah perairan untuk mencegah munculnya segala bentuk gangguan dan ancaman yang dapat mengganggu Kamtibmas," ungkapnya.

Polair, lanjut Kombes Handoyo, juga bertugas sebagai sarana Escape dan SAR apabila terjadi caos atau situasi lain yang diluar kendali seperti bencana alam dan sebagainya.

Bagikan ke teman kamu