Kapolda Pantau Langsung Debat Pilkada Pertama Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku 2024

Kapolda Pantau Langsung Debat Pilkada Pertama Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku 2024

POLDA MALUKU - Kapolda Maluku, Irjen Pol. Drs. Eddy Sumitro Tambunan, M.Si., secara langsung melakukan pemantauan di lokasi pelaksanaan debat Pilkada pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku Tahun 2024.

Debat terbuka pertama yang dilakukan KPU Provinsi Maluku ini berlangsung di Ballroom Natsepa Hotel, Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (26/10/2024).

Saat melakukan pemantauan, Orang nomor 1 Polda Maluku ini tidak sendiri. Ia didampingi Wakapolda Maluku, Brigjen. Pol. Samudi, S.I.K., M.H, Irwasda Maluku, dan sejumlah Pejabat Utama (PJU) Polda Maluku.

"Kita ingin memastikan proses pengamanan dilakukan secara baik, sehingga pelaksanaan debat Pilkada calon gubernur dan wakil gubernur Maluku bisa berjalan aman dan lancar," kata Kapolda di sela-sela kegiatan pemantauan.

Sebelum kegiatan debat yang menjadi salah satu agenda penting dalam perhelatan Pilkada berlangsung, Polda Maluku dan jajarannya telah melaksanakan berbagai prosedur pengamanan. Seperti sterilisasi lokasi oleh personel Datasemen Gegana Satuan Brimob Polda Maluku, pengamanan wilayah sekitar oleh personel gabungan Operasi Mantap Praja, serta pemeriksaan metal detector yang dikoordinasikan Direktorat Pamobvit Polda Maluku.

“Kami memastikan pengamanan berjalan dengan ketat agar kegiatan debat ini berlangsung aman dan tertib,” tambah Kapolda.

Mantan Koorsahli Kapolri Tahun 2024 ini mengaku pengamanan debat terbuka ini melibatkan personel yang tergabung dalam Operasi Mantap Praja (OMP) Salawaku 2024.

"Operasi Mantap Praja ini merupakan bentuk nyata dari komitmen kepolisian dalam menjaga keamanan dan stabilitas di tengah masyarakat, khususnya selama berlangsungnya tahapan pemilu," tegasnya.

Bagikan ke teman kamu